9/23/05

Spritual Marketing

Ardhianto Nugroho [MM-UGM]

Juara 3, Inovasi Konsep/Strategi, CMIA 05
Trust merupakan satu kata kunci penting dalam bisnis. Dengan membangun trust konsumen maka perusahaan bisa mendapatkan loyalitas konsumen. Menurut Ardhianto, Ketika konsumen sudah dijejali ratusan bahkan ribuan informasi tentang product knowledge, biasanya mereka agak misleading dalam membuat keputusan membeli. Untuk menghidari itu, biasanya konsumen berpegang kepada trust dalam melakukan eksekusi, karena itulah trust bagi produsen menjadi sangat penting. Spritual Marketing (SM) ala Ardhianto pada dasarnya adalah upaya menjadikan semangat spritual karyawan sebagai landasan dan komitmen dalam melakukan tugasnya sehari-hari. Menurut Ardhianto, ada tiga langkah yang wajib dilakoni perusahaan dalam mengaplikasikan konsep SM-nya. Pertama, membangun komitmen ditubuh manajemen. Sebelum menerapkan konsep SM, kata Ardhianto perusahaan perlu mempertimbangkan kembali misi dan tujuannya karena SM menuntut perubahan cara pandang. Langkah selanjutnya, katanya adalah membangun platform spritual. Dalam tahapan ini katanya. Ada dua langkah yang wajib ditempuh yankni membangun kemampuan manangani komplain dan membangun kemampuan mendeliver experiences kepada konsumen. Langkah terkahir adalah membangun strategi relationship.

3 v 4

No comments: